Tutorial Format Cells & Mail Merge

Pada Ms. Excel apa bila ingin melakukan Format Cells maka dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Klik cells yang ingin dilakukan format cells

  2. Kemudian klik kanan pilih Format Cells

  3. Lalu akan muncul kotak dialog Format Cell

  4. Pilih Number dan pada Category-nya pilih juga Number

  5. Selanjutnya atur pula Decimal Places menjadi 0

  6. Kemudian klik ok

 

Pada Ms. Word apa bila ingin melakukan Mail Merge maka dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Klik menu Mailings

  2. Pada sub menu Start Mail Merge klik tanda panah kecil yang berada pada ikon Start Mail Merge

  3. Pilih Normal Word Document

  4. Kemudian klik tanda panah kecil pada Select Recipients

  5. Lalu pilih Use Existing List

  6. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Select Data Source

  7. Pilih file (dalam bentuk Ms. Excel) lalu klik open

  8. Kemudian akan muncul kotak dialog Select Table

  9. Selanjutnya pilih Sheet 1 bila data yang anda ingin masukkan berada pada Sheet tersebut  dan pilih Sheet 2 bila data yang anda ingin masukkan berada pada Sheet 2, begitu seterusnya

  10. Kemudian klik ok

  11. Lalu, arahkan kursor Pada box yang ingin diisi

  12. Pada menu Mailings, klik tanda panah kecil pada Insert Merge Field yang berada pada sub menu Write & Insert Fields lalu pilih daftar yang ingin dimasukkan

  13. Apabila sudah, klik Preview Results

  14. Mail Merge selesai dibuat

 

Berikut merupakan contoh penerapan Mail Merge

DEVAIANA INVITATION AJ

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s